Yayasan Alpha Indonesia Ikut Membantu Pemerintah Menaikkan IPM Masyarakat Pondok Ranggon

YAI Pusat–Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index adalah paramater kemajuan sebuah negara.  Kemajuan sebuah negara dapat dilihat dari IPM wilayah per wilayah di negara tersebut mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kotamadya sampai ke tingkat kelurahan atau desa.

Ada 3 (tiga) tolok ukur dalam menentukan sebuah IPM meliputi pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Parameter atau alat ukurnya antara lain harapan lama sekolah, rata-rata lama sekolah, angka harapan hidup, dan pengeluaran perkapita setiap warga. 
Pemerintah maju dimanapun berada selalu mengukur kemajuan/keberhasilan dari pembangunannya dari tingkat IPM. Setiap daerah di Indonesia memiliki tingkat IPM yang berbeda-beda. Wilayah Indramayu berbeda tingkat IPM-nya dengan Jakarta dan Bandung misalnya.
Jakarta misalnya menurut data mutakhir 2018 memiliki tingkat IPM nya berkisar di angka 84,4 persen, sedangkan khusus Jakarta Timur diangka 82,06 persen. 
Bandingkan misalnya dengan Indramayu yang nilai IPM nya masih berada di angka 66.36 persen jauh dibawah Jakarta. Itu wajar, karena Jakarta merupakan ibukota negara yang mana segala fasilitas baik itu pendidikan, kesehatan dan ekonomi tersedia secara baik dan layak, sedangkan Indramayu belum merata. Semakin tinggi nilai IPM sebuah daerah semakin maju daerah tersebut. 
Indeks Pembangunan Manusia (IPM)  Indramayu

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jakarta

Nah, terkait IPM dalam bidang pendidikan, sebuah Yayasan sosial di Jakarta Timur,  Yayasan Alpha Indonesia (YAI) telah dan sedang membantu pemerintah dalam meningkatkan nilai IPM masyarakat khususnya warga yang tinggal di sekitar domisili yayasan, Kelurahan Pondok Ranggon Jakarta Timur.
Wilayah tersebut tercatat banyak anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa yang putus sekolah dengan  berbagai alasan, terutama faktor ekonomi. Belum lagi masalah kesehatan dan faktor sosial lainnya. Ironis memang padahal masih berada di Jakarta yang notabene pusat pemerintahan dan ibukota negara.
Meskipun begitu, para pengurus dan relawan Yayasan Alpha Indonesia sadar kalimat bijak ini “jangan mengutuk gelapnya malam, tapi mari nyalakan lentera sekecil apapun itu“. Melalui program pemberdayaannya salah satunya penyelenggaraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Yayasan Alpha Indonesia menfasilitasi warga yang putus sekolah untuk lanjut di PKBM Alif. Adapun Paket ajaran yang tersedia meliputi kejar paket A, B dan C. PKBM Alif merekrut sejumlah siswa dari lingkungan Pondok Ranggon. PKBM resmi atau legal tercatat di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Jakarta Timur.
Tidak itu saja, program kesehatan dan pemberdayaan ekonomi pun digulirkan antara lain baksos kesehatan secara berkala bekerjasama dengan puskesmas setempat, program Sekolah Kaya Alif untuk melatih anak-anak tentang kewirausahaan dan banyak program sosial lainnya.
Dengan demikian langkah kecil anak bangsa para relawan dan pengurus yayasan memberi warna sekaligus membantu pemerintah meningkatkan IPM masyarakat,  ini lah wujud  pepatah yang sering kita dengar bersama,  Think Globally Act Locally yang bermakna Konsep besar dan luas namun beraksi dan berkarya di skup/daerah/level terkecil yaitu desa/kelurahan.
Kegiatan PKBM Alif di Yayasan Alpha Indonesia

Bagikan di WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Info Donasi Chat disini

Yayasan AlphaInfo Admin

Info Donasi Chat Kami 00.00
Scroll to Top