Presiden Jokowi Ajak Perbanyak Infak Sedekah Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

JAKARTA – Menteri Keuangan RI Sri Mulyani memastikan ekonomi Indonesia resesi pada akhir September 2020. Hal itu berarti kembali akan terjadi PHK besar-besaran di berbagai sektor Industri.

“Terjadi PHK yang merata di hampir semua sektor. Berdasarkan survei BPS terdapat 35,5 persen perusahaan yang mengurangi karyawan selama masa pandemi,” ujar Ekonom dari Institute for Devolepment of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira, dikutip dari madura.tribunnews, pada Kamis (24/9/2020).

Bhima menyarankan pemerintah segera mengambil langkah taktis misalnya memberi Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi mereka yang tedampak resesi nantinya. Diperkirakan 15 juta orang terkena PHK sampai akhir September 2020.

Pada kesempatan lain, Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk saling membantu di tengah pandemi Covid-19. Khusus umat muslim, Jokowi mengajak untuk memperbanyak infak dan sedekah. Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka Muktamar IV Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) secara virtual, Sabtu (26/9/2020).

Presiden Jokowi. Foto : Istimewa

“Kita juga tidak boleh melupakan istighfar, dzikir, taubat kepada Allah SWT, dan memperbanyak infak dan sedekah,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor.

Jokowi menanggap banyak masyarakat yang mengalami kesulitan sehingga memerlukan bantuan. Jokowi mengakui, pandemi Covid-19 menyebabkan resesi ekonomi tidak hanya di Indonesia namun di seluruh dunia.

Diketahui, pertumbuhan seluruh negara yang biasanya di angka positif kini terkontraksi secara tajam. Pada kuartal II 2020, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga minus 5,32 persen.

Hasilnya, banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan mata pencaharian. “Dalam menghadapi cobaan ini kita tidak boleh menyerah, kita harus terus berikhtiar, berikhtiar dengan sekuat tenaga untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 dan agar sekaligus membantu saudara-saudara kita agar tidak semakin terpuruk karena kesulitan ekonomi,” ucap Jokowi.

Presiden Jokowi menegaskan pemerintah tak bisa menghadapi pandemi ini sendirian.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Alpha Indonesia, Syaipul Anwar menanggapi positif anjuran Presiden Jokowi yang dinilainya sesuai dengan semangat dan program yang telah Yayasan Alpha Indonesia jalankan selama ini.

“Anjuran Bapak Presiden Jokowi itu sangat positif dan sesuai dengan ajaran Islam yaitu berinfak dan bershodaqoh dan juga sesuai dengan program yang selama ini dijalankan oleh Yayasan Alpha Indonesia,” ungkap Syaipul.

Dia lebih lanjut mengatakan, memang sudah selayaknya umat dan bangsa ini saling tolong menolong dalam situasi pandemi saat ini yang mana banyak masyarakat yang terdampak.

Yayasan Alpha Indonesia hadir di masyarakat dengan berbagai programnya di antaranya sosial, pendidikan dan keagamaan yang bertujuan memberdayakan masyarakat tidak mampu khususnya anak yatim.

Bagikan di WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Info Donasi Chat disini

Yayasan AlphaInfo Admin

Info Donasi Chat Kami 00.00
Scroll to Top