Makna dan Hikmah Berqurban di Hari Raya Idul Adha dari Teladang Nabi Ibrahim dan Keluarganya

Makna dan Hikmah Berqurban di Hari Raya Idul Adha dari Teladan Nabi Ibrahim dan Keluarganya

Pada Hari Raya Idul Adha ( Idul Qurban ) Ummat Islam Dunia memperingati peristiwa Qurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya Isma’il sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah. Sebelum Ibrahim mengorbankan putranya, Allah menggantikan Ismail dengan domba.

 

Setiap tanggal 10 Dzul Hijjah, semua umat Islam yang tidak melaksanakan haji merayakan hari raya Idul Adha.

 

Qurban berasal dari bahasa Arab, “Qurban” yang berarti dekat (قربان). Kurban dalam Islam juga disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta, sapi (kerbau), dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah.

 

Khusus mengenai ibadah kurban, seluruh kaum muslimin dianjurkan untuk berkurban di hari Idul Adha atau hari-hari Tasyriq jika mereka mampu.

 

Makna dan Hikmah Berqurban di Hari Raya Idul Adha dari Teladang Nabi Ibrahim dan Keluarganya
Makna dan Hikmah Berqurban di Hari Raya Idul Adha dari Teladang Nabi Ibrahim dan Keluarganya

 

Melaksanakan Pembagian Daging Hewan Qurban kepada sesama yang berhak menerimanya ialah suatu Bukti Ketaqwaan Kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’alaa karena Kita rela mengorbankan sesuatu yang Kita Cintai ( Harta membeli Hewan Qurban ) demi Melaksanakan Ketaatan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’alaa. Dan berbagi itu Indah untuk yang Menerima Rizky Hewan Qurban dan Indah bagi yang memberikan Hewan Qurban di Hari Raya Idul Adha.

 

Seperti yang telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim Alaihi Salam Bukti Ketaatan Hamba kepada Allah Subhanahu Wa Ta’alaa Nabi Ibrahim yang ikhlas mengorbankan yang sangat Ia Cintai ( Nabi Ismail Alaihi Salam ). Wujud nya hari ini adalah Mengorbankan sesuatu yang Kita Cintai ( Harta Kita ) untuk Ketaatan kepada Perintah Allah Subhanahu Wa Ta’alaa dengan menyembelih Hewan Qurban Sapi atau Kambing dan agar bermanfaat bagi banyak Ummat Manusia.

 

Terdapat beberapa hikmah terkait anjuran berkurban di hari Idul Adha atau hari-hari Tasyriq ini. Disebutkan dalam Darul Ifta’ Al-Mishriyah, setidaknya ada tiga hikmah mengapa dianjurkan untuk berkurban di hari Idul Adha.

 

Pertama, untuk bersyukur kepada Allah atas berbagai nikmat yang telah Dia berikan kepada kita. Di antara bentuk bersyukur kepada Allah adalah mengikuti perintah-Nya dengan cara berkurban di hari Idul Adha. Ini karena berkurban di hari Idul Adha termasuk bagian dari perintah-Nya.

 

Perintah untuk berkurban ini sebagaimana difirmankan oleh Allah dalam surah Al-Kautsar berikut :

 

Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah). Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).

 

Kedua, untuk menghidupkan ajaran atau sunnah Nabi Ibrahim. Sebagaimana kita ketahui bahwa Nabi Ibrahim pernah diperintahkan untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail. Menerima perintah tersebut, Nabi Ibrahim dengan sabar hendak melaksanakan perintah tersebut. Namun perintah tersebut akhirnya dibatalkan oleh Allah dan sebagai gantinya Nabi Ibrahim diperintah untuk menyembelih kambing di hari Idul Adha.

 

Ketiga, menyembelih hewan kurban termasuk bagian dari perantara untuk melapangkan rizki kepada diri sendiri, keluarga, tetangga, teman dan orang fakir miskin di hari Idul Adha. Dan melapangkan rizki, baik kepada diri sendiri, keluarga, tetangga dan bersedekah kepada fakir miskin merupakan ajaran dan sunnah yang telah dilakukan oleh Nabi SAW.

 

Oleh itu Yayasan Alpha Indonesia menyeru dan mengajak Bapak dan Ibu mari Kita berqurban untuk mendekatkan diri kepada Allah dan untuk membuktikan ketaatan Kita kepada Allah.

 

Berikut Kami informasikan untuk pembelian Hewan Qurban Sapi dan Kambing untuk dijadikan referensi bagi Bapak dan Ibu.

 

IMG 20220527 WA0016
IMG 20220527 WA0016
Makna Hakikat dan Aturan Berqurban di Hari Raya Idul Adha
Makna Hakikat dan Aturan Berqurban di Hari Raya Idul Adha
Indahnya Berqurban di Hari Idul Adha 1443 Hijriyah Saling Membahagiakan
Indahnya Berqurban di Hari Idul Adha 1443 Hijriyah Saling Membahagiakan

 

Daftar Harga Hewan Qurban :

QURBAN SAPI

1. Tipe Super : Rp. 55.000.000
2. Tipe A : Rp. 45.000.000
3. Tipe B : Rp. 35.000.000
4. Tipe C : Rp. 28.000.000
5. Tipe D : Rp. 20.000.000
6. Tipe E : Rp. 18.000.000

 

QURBAN KAMBING

1. Tipe Super : Rp. 6.500.000
2. Tipe A : Rp. 5.500.000
3. Tipe B : Rp. 4.800.000
4. Tipe C : Rp. 3.500.000
5. Tipe D : Rp. 2.400.000
6. Tipe E : Rp. 1.800.000

 

Patungan Sapi Tipe E Rp. 2.571.000 / Orang

Termasuk biaya potong & distribusi

 

QURBAN KAMBING

 

 

Rekening Yayasan

Bank BSI kode 451 : 708 688 6804
Bank Mandiri : 12900 6622 6628
   Bank BRI : 0951 0100 331 3506
Atas Nama Yayasan Alpha Indonesia
 

Alamat Panti Yatim Jakarta

Yayasan Alpha Indonesia ada di Jalan Subur Pertamina No. 27 RT. 005 RW. 002 Kel. Pondok Ranggon Kec. Cipayung Jakarta Timur Telp. (021) 84302038 WhatsApp : 081807863300 Website : www.yayasanalphaindonesia.org

 

Perintah untuk Berqurban oleh Allah dan Rosul Kita.

 

Surat Al-Kautsar ayat 1-2

”Sesungguhnya kami Telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat Karena Tuhanmu; dan berqurbanlah.“

 

Surah Al Hajj ayat 28

“Agar mereka menyaksikan berbagai manfaat untuk mereka dan agar mereka menyebut nama Allah pada beberapa hari yang telah ditentukan atas rezeki yang diberikan Dia kepada mereka berupa hewan ternak. Maka makanlah sebagian darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.”

 

Surah Al Hajj ayat 34 – 35

” Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah hati mereka bergetar, orang yang sabar atas apa yang menimpa mereka, dan orang yang melaksanakan salat dan orang yang menginfakkan sebagian rezeki yang Kami karuniakan kepada mereka.”

 

Surah As Saffat ayat 102

“Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!” Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.”

 

HADITS NABI MUHAMMAD

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda: ”Barangsiapa memiliki keleluasaan (untuk berkurban) namun tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami.

 

Dari Aisyah, Rasulullah SAW, bersabda : “Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih dicintai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduktanduknya, kuku-kukunya, dan bulu-bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah (sebagai qurban) di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya.” (HR. Ibn Majah dan Tirmidzi).

 

Dari Zaid ibn Arqam, mereka berkata: “Wahai Rasulullah SAW, apakah kurban itu?” Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan kurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.” Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan ibn Majah).

 

Bismillahirrahmanirrahim 🤲Semoga Allah memberikan Keberkahan atas harta yang diberikan didalam Berqurban, semoga Allah memberikan Keberkahan dan Kesucian atas harta yang masih ditinggalkan di rumah, semoga Allah memberikan Kesehatan yang Paripurna kepada Bapak dan Ibu, semoga Allah Meridhoi Bapak dan Ibu, semoga Allah memberikan Kebahagiaan dan Keselamatan Dunia dan Akhirat kepada Bapak dan Ibu… Aamiin… Wa Alhamdulillahi Rabbil ‘alamiin… 🤲 🤲 🤲

Bagikan di WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Info Donasi Chat disini

Yayasan AlphaInfo Admin

Info Donasi Chat Kami 00.00
Scroll to Top Call Now Button